MATLAB

MATLAB  yang merupakan singkatan dari Matrix Laboratory yaitu sebuah program untuk menganalisis dan mengkomputasi data numerik, dan MATLAB juga merupakan suatu bahasa pemrograman matematika lanjutan, yang dibentuk dengan dasar pemikiran yang menggunakan sifat dan bentuk matriks.
Matlab dikembangkan oleh The Mathwork Inc. yang hadir dengan fungsi dan karakteristik yang berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang sudah ada lebih dahulu seperti Delphi, Basic maupun C++.

Pada awalnya program aplikasi MATLAB ini merupakan suatu interface untuk koleksi rutin-rutin numerik dari proyek LINPACK dan EISPACK, dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa FORTRAN, namun sekarang ini MATLAB adalah produk komersial dari perusahaan Mathworks, Inc.
Yang dalam perkembangan selanjutnya dikembangkan dengan menggunakan bahasa C++ dan assembler, (utamanya untuk fungsi-fungsi dasar MATLAB).

MATLAB telah berkembang menjadi sebuah environment pemprograman yang canggih yang berisi fungsi-fungsi built-in untuk melakukan tugas pengolahan sinyal, aljabar linier, dan kalkulasi matematis lainnya. MATLAB juga menyediakan berbagai fungsi untuk menampilkan data, baik dalam bentuk dua dimensi maupun dalam bentuk tiga dimensi.

MATLAB juga bersifat extensible, dalam arti bahwa seorang pengguna dapat menulis fungsi baru untuk menambahkan pada library, ketika fungsi-fungsi built-in yang tersedia tidak dapat melakukan tugas tertentu. Kemampuan pemrograman yang dibutuhkan tidak terlalu sulit bila kita telah memiliki pengalaman dalam pemrograman bahasa lain seperti C, PASCAL, atau FORTRAN.

MATLAB yang juga merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi berbasis pada matriks, sering kita gunakan untuk teknik komputasi numerik, yang kita gunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang melibatkan operasi matematika elemen, matrik, optimasi, aproksimasi dll. Sehingga Matlab banyak digunakan pada :
Matematika dan komputansi,
Pengembangan dan algoritma,
Pemrograman modeling, simulasi, dan pembuatan prototipe,
Analisa data , eksplorasi dan visualisasi,
Analisis numerik dan statistik,
Pengembangan aplikasi teknik,

jendela matlab

Ada 4 jendela yang akan terlihat ketika kita membuka MATLAB, yaitu :

1. Command Window
Jendela perintah atau Command Window adalah jendela dimana semua perintah matlab dituliskan dan dieksekusi. Kita dapat menuliskan perintah perhitungan sederhana, memanggil fungsi, mencari informasi tentang sebuah fungsi dengan aturan penulisannya (help), demo program, dan sebagainya. Setiap penulisan perintah selalu diawali dengan prompt ‘>>’.
2. Workspace
Jendela ruang kerja atau Workspace adalah jendela yang berisi informasi pemakaian variabel yang disimpan dalam memori matlab. Perintah ‘clear;’ digunakan untuk menghapus semua variabel yang tersimpan.
3. Command History
Jendela histori atau Command History adalah jendela yang berisi informasi tentang perintah yang pernah dituliskan sebelumnya. Kita dapat kembali ke perintah sebelumnya atau maju ke perintah selanjutnya dengan menekan tombol panah keatas/kebawah atau dengan klik langsung perintah pada jendela histori.
4. Current Folder
Jendela folder direktori atau Current Folder merupakan jendela yang menampilkan direktori yang menjadi fokus kerja matlab, pada jendela ini akan ditampilkan file-file yang tersimpan dalam folder tersebut.

(sumber; http://www.mathworks.com)

Published by

Meilany

My name is Meilany Nonsi Tentua. My life is teaching

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *